Selasa, 10 Juli 2018

Tips Belanja Online : 9 Cara Hindari Penipuan

Tips Belanja Online : 9 Cara Hindari Penipuan

Kemajuan teknologi semakin memanjakan kehidupan manusia, terutama tren berbalanja secara online, tinggal pencet sana pencet sini tidak lama barang akan datang, tidak perlu beranjak dari dari tempat kenyamanan anda. Kebiasaan belanja online sekrang dan kedepannya akan menjadi sebuah era baru dalam kehidupan manusia. Semua serba online dan membayarpun tidak harus ke bank atau ke mesin ATM cukup dengan uang elektronik, anda tidak perlu membawa uang cash ke mana - mana cukup scan saja, maka transaksi pembayaran segera tertunaikan

Kemudahan yang diberikan belanja online tentu saja memiliki hal negatif. Salah satunya adalah penipuan yang lebih mudah dilakukan secara online. Rasanya tida sulit menemukan pengalaman penipuan belanja online, kemudahan yang ditawarkan ini sebenarnya harus dibarengi dengan kewaspadaan.

Salah satu penipuan toko online yang paling sering terjadi adalah penggunaan kartu kredit. Selain itu masih ada beberapa modus penipuan toko online yang lazim terjadi di Indonesia. Untuk menghindari hal ini kamu bisa mengikuti cara menghindari penipuan toko online berikut.

1. Jangan pernah mau transfer langsung ke rekening pribadi
Transaksi jual-beli di toko online memang lebih berisiko daripada transaksi langsung. Tapi kamu bisa kok terbebas dari penipuan toko online. Salah satu caranya adalah jangan pernah mau melakukan transfer ke rekening pribadi. Jadi perhatikan betul setiap pembelanjaan yang kamu lakukan di toko online. Jika kamu diwajibkan melakukan transfer ke rekening pribadi ada baiknya kamu lebih waspada.

2. Jangan tergiur harga murah
Harga memang jadi salah satu hal yang menjadikanmu tergoda untuk berbelanja. Nah, toko online sering memberikan berbagai promo menggirkan dengan harga yang dipangkas hingga 50%-70%. Tapi ingat lagi nih jika barang yang ditawarkan harganya lebih murah dari rata-rata harga barang di pasaran kamu wajib bertanya atau waspada.

Baca juga: 7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online

3. Utamakan COD
Tips lain yang bisa kamu coba adala selalu memilih toko online yang lokasinya dekat dengan lokasi pengiriman. Alasannya dengan cara ini kamu bisa melakukan pembayaran lewat COD alis Cash On Delivery. Memanfaatkan fitur COD ini bisa membuatmu terhindar dari penipuan toko online.

4. Minta resi pengiriman
Nomor resi pengiriman menjadi salah satu hal penting saat melakukan transaksi di toko online. Resi pengiriman ini adalah barang bukti jika barang yang kamu beli sudah dikirmkan dengan jasa ekspedisi. Biasanya para penipu akan menunda-nudan mengirimkan bukti resi pengiriman ke si pembeli. Kalau menemukan penjual seperti ini kamu juga harus mulai waspada ya!


5. Simpan semua bukti transfer
Beberapa modus penipuan toko online lainnya ada yang memanfaatkan kelemahan yang satu ini. Jadi mulai sekarang simpan semua bukti transaksi dan transfer ketika berbelanja di toko online. Beberapa penjual yang curang sering memanfaatkan kelemahan ini untuk mendapatkan keuntungan lebih. Menyimpan bukti transaksi dan transfer ini akan berguna di kemudian hari.

6. Jangan langsung percaya pada testimoni
Toko online yang terpercaya biasanya memiliki testimoni yang bagus. Tapi jangan salah toko online dengan banyak testimoni pembeli juga tetap harus diwaspadai. Jadi cobalah untuk melakukan riset lebih jauh jika ingin berbelanja di sebuah toko online. Jangan langsung peracaya dengan testimoni yang tertera di sosial media atau website-nya ya!

7. Meminta foto barang asli
Perbedaan paling signifikan saat berbelanja online adalah kamu tidak bisa melihat langsung barangnya. Jadi sebelum kamu melakukan pembayaran nggak ada salahnya untuk meminta foto barang asli. Beberapa penjual di toko online biasa menggunakan foto atau gambar dari Google yang tentu hasilnya lebih bagus.
8. Mintalah rekomendasi toko online dari orang yang kamu percayai
Mencari toko online yang terpercaya memang nggak mudah makanya ada baiknya kamu meminta rekomendasi. Misalnya kamu ingin membeli produk kecantikan, mintalah rekomendasi dari teman yang memang suka belanja kosmetik online. Hal ini bisa membuatmu terhindar dari penipuan toko online.

9. Berbelanja di e-commerce atau marketplace
Kalau kamu belum terbiasa untuk berbelanja online cobalah belanja di e-commerce atau marketplace. Cara ini bisa menjadi cara paling aman. Alasannya e-commerce dan marketplace punya sistem yang lebih baik mulai dari pembayaran sampai pengirimannya.(sumber : shopback.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

0813 - 8280 - 4337 pengrajin tas laptop di tangerang

Produsen tas promosi dan tas laptop di ciputat dan pamulang  yang mana merupakan pengrajin tas laptop juga yang  sudah lama menjadi reka...